Service Rate

 

Service Rate adalah kemampuan gudang untuk mensupplai pelanggannya. Service Rate adalah perbandingan antara order dengan supplainya, termasuk barang yang cancel.

Service Rate=Supplai/(Supplai+BO+Cancel)

Toyota adalah salah satu perusahaan yang menerapkan penggunaan KPI Service Rate untuk mengukur perfomance Gudang.

Service Rate yang bagus adalah di angka 97-100%, jika service rate suatu gudang misalnya hanya 80% maka artinya ada 20% barang yang tidak dapat disupplai oleh gudang tersebut secara langsung. Sehingga lost sales 20% tersebut dikonversi menjadi rupiah hasilnya cukup besar. Misalnya jumlah seluruh pesanan dalam suatu gudang adalah 10M maka lost sales gudang tersebut adalah 2M,

Untuk mencapai service rate yang tinggi membutuhkan pengelolaan inventory yang mumpuni. Karena ilmu inventory bukan ilmu yang dapat dipelajari sehari saja, butuh simulasi, praktek lapangan dan hitungan statistik yang cermat

1 komentar:
Write comments
  1. Izin bertanya kak, untuk pengertian File Rate, itu apa ya ? 🙏

    BalasHapus