Plat Body Avanza Tipis?

 

Diambil dari dialog di xtop-gear.com

Pertanyaan  : kenapa orang2 mempermasalahkan body kaleng avanza? apakah body avanza adalah yang paling tipis di bandingkan pesaing lain? bagaimana dengan body LUXIO, grand max, dan apv? apakah lebih tebal atau lebih tipis dari avanza? apakah body rush, vios, yaris, dan innova ini lebih baik dari avanza? apa buktinya?
Jawaban: Answer by BXXXX
Sebenarnya gak juga, buktinya mobil ini dimiliki sujuta umat! Kalau untuk kecepatan 120 km / jam, bodi tsb tak menimbulkan masalah.Luxio dan grand max memiliki tebal plat yg relatif sama.APV sedikit lebih tebal.Rush sedikit lebih tebal.Vios dan Yaris memiliki plat dengan kualitas impor, selain lebih tebal kualitas lebih baik sehingga lebih tahan karat.Innova memiliki tebal plat persis sama dengan RUSH.Buktinya? Coba diketuk aja, Gan! hehehehe, kan suaranya beda.

Jadi Plat Avanza tebalnya sekitar 0.6 MM

Keunggulan Plat Avanza
1. Mengurangi bahaya pada saat terjadi tabrakan, karena akan lebih lentur
2. Menghemat berat body yang juga tentunya akan menghemat bahan bakar

Jadi memang ada pertimbangan khusus kenapa Plat Toyota Avanza tidak tebal, tentunya dengan kwalitas yang sudah tidak diragukan lagi. Mesin Avanza juga sangat irit karena sudah dilengkapi teknologi VVT-i . Ada juga yang berpendapat Bonnet lebih ringsek bukan berarti lebih ringkih. Justru bonnet yang mudah ringsek itu bukti crumple zone di mobil tersebut memang ada, dan terbukti melindungi kabin.

Yang penting, kabin aman. No matter how keriting itu bonnet / moncong mobil jadinya.

Bonnet terlalu kaku / tidak mudah penyok, malah menyebabkan penumpangnya bakal menderita cidera lebih parah, karena tubuh penumpang yang memiliki gaya inersia saat melaju, harus langsung tiba tiba terhenti karena bonnet tidak mudah menyerap benturan (akibat struktur body yang kaku dan plat body terlalu tebal).

 

48 komentar:
Write comments
  1. Maaf.....sptnya penjelasan yg menyesatkan.
    Plat tipis lebih irit? Bagaimana dgn Grand Livina yg platnya lebih tebal dibanding avansa...konsumsi bbmnya boleh ditandingkan gan...
    Body kerupuk lebih meredam benturan?
    Mendingan minta anak2 SD deh buat praktek di lab mereka abis itu kita Tanya lebih save Yang mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, sepertinya penambahan airbag juga gak menolong kalau bodinya tipis... lihat saja setiap kecelakaan yg menimpa duo kaleng pasti ada korban jiwa karena seluruh bodi jadi "crumple zone" dan itu faktanya kok... sepertinya pemerintah harus tinjau ulang produk tsb jangan sampai ada korban lagi demi keselamatan penggunanya...kekuatan bodi kayanya bagus kijang super jadul deh...

      Hapus
    2. saya rasa tanggapan anda jg menyesatkan bos. Irit itu tergantung banyak hal, termasuk cara mengemudi. Dan lagi, avanza punya byk varian, begitu juga grand livina. Anda mau tandingkan yg mana nih? Apakah avanza 1,3 dgn grand livina 1,8? Atau yg lainnya?

      Cara sederhana yg lebih objektif utk menilai keiritan mobil ya dgn membandingkan berat mobil dengan power yg dihasilkan. Jd klo liat kapasitas mesin avanza ada yg 1300 cc, ya wajar aja bodi nya dibuat tipis demi efisiensi bbm.

      Intinya, avanza itu diciptakan benar2 sesuai keinginan kebanyakan konsumen indonesia yg kadang ga rasional dgn mau aman, bisa angkut banyak, irit bbm, ground clearance tinggi tp harga jual rendah.

      Dan sebaiknya anda jg minta opini orang dewasa yg sudah belajar mendalam mengenai kendaraan drpd nanya anak SD supaya anda jg tidak tersesat ato menyesatkan.

      Hapus
    3. kalau masalah irit itu dari teori Newton bos
      F= m.a

      jadi bodi makin tipis akan mengurangi massa (berat) mobil, sehingga gaya yang dibutuhkan akan lebih kecil, jadi lebih irit bbm.

      CMIIW

      Hapus
    4. bener tuhh seharusnya masyarakat mungkin terkadang pikirannya mobil ringan semakin irit bahan bakar tetapi berdasarkan hasi dari semua reset standar eropa itu dengan plat tipis ok ada pengaruh dengan bahan bakar. Tetapi, apakah aman????????? banyak orang tidak memikirkan aman dan tidaknya biasanya pilih mobil yang irit, bs muat banyak, tarikan enak udh itu aja dan ga sedikit orang yang ga memikirkan KEAMANANNYA body tipis otomatis tingkat keamanan semakin rendah karna penahan body tipis bisa dibuktikan kok kijang innova dengan avanza coba dehh bawa di tol 140 km/jam kerasa banget kok kalo avanza ga stabil tp innova atau rush atau terios dia memiliki kestabilan yang lebih dibandingkan avanza KARNAA avanza memiliki body yang ringan. kalo body ringan otomatis dari hanling mobil juga semakin kurang dan shock braker avanza kan empuk nah ditambah dengan shock braker yang empuk menambah mobil itu semakin tidak seimbang jd memang benar avanza itu memiliki body yang tipis tetapi dibanding dengan GranMax, Luxio itu malahan bisa dibilang platnya itu hampir sama karna memang avanza didisain untuk mobil MPV yang Low End bukan High end seperti innova dulu kan juga avanza pertama kali kluar harganya cuma sekitar 120 jt aja kan nahhh knp mobil mpv bisa muat banyak harga bs segitu . ya karna selain dari mesinnya yang kecil ya Bodynya juga tipis makanya harga bisa murah begitu jd saya hanya menyampaikan yang benar saja karnaa saya memakai avanza 2012 dan innova 2011 itu walau avanza lebih baru tp jauh lohh kenyamanannya wkwkwk JD hanya sekedar info saja mohon maaf jika saya aga mengeritik lebih dalam

      Hapus
    5. betul saya setuju gan. itu statement yang tidak masuk akal.

      Hapus
  2. Alasan yang tidak logis..

    Mau aja dibodohin atpm serakah

    BalasHapus
  3. Iya nggak masuk akal banget body tipis pastinya ringsek kalau tabrakan, fatal bagi penumpang yang akan jadi sansak hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih ga masuk akal ya elo. Mobil harga segitu minta aman. Mobil yg terkenal aman ya Volvo. Knp elo ga beli itu aja? Tp ketimbang naik motor, mending naik avanza toh?

      Hapus
    2. Betul tuh, kalau mau mobil aman ya beli aja mobil yang mahal, avanzakan bukan mobil dengan harga mahal

      Hapus
  4. Dsar kalenGggggggk krupuk........ nasib indon yg dr dlu skanya d bodohi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tdk mau dibodohi, kenapa bukan lo aja yang bikin mobilnya ?

      Hapus
  5. sekarang ada chevrolet spin yg lebih tebal platnya
    hayoo mass bareng ma aku belinya hehehehe

    BalasHapus
  6. http://www.kaskus.co.id/thread/5165121e8227cfce64000002/penjelasan-logis-mengenai-kecelakaan-nissan-juke-vs-daihatsu-xenia-di-purbaleunyi

    kayanya ga jauh beda lah...coba dicek klo emang savety kabin ko ampe kaya gini??? logika kalo mobil material tipis yang gampang jebol ampe ke dalem, ga ada aturan ngelindungin.... yang saling komen rasional bos, biar masuk akal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh enggak lihat penjelasannya yah? Jelas-jelas disituh di terangkan, bahwa juke menabrak pembatas jalan dan terbang ke jalur berlawanan lalu menabrak bagian atap xenia. Atap merupakan bagian mobil yang paling rapuh dan bagian casis mobil merupakan bagia terkuat karena disituhlah terdapat banya lapisan baja yang kuat. Jadi xenia bisa hancur kaya gituh karena yang ditrabak adalah bagian atapnya. Sedangkan juke hanya hancur dikit karena yang kena adalah bagian bawah/lantai yang terdapat banyak lapisan baja .

      Hapus
  7. Buakakakakakakak....crumple zone lagi....crumple zone lagi.....yg bener crupuk zone

    BalasHapus
  8. tergantung cara mengemudinya ,body tebal pun bisa bikin mati kalo kecepatannya 60km keatas jika terjadi kecelakaan

    BalasHapus
  9. mau mati...mau hidup semua di tangan tuhan dan di tahan pengemudi...goblok...

    BalasHapus
  10. menurut saya body tipis gmpng jebol ktimbang yg agk tebal... Lbih aman yg agak tebal..
    Kalo irit atau borosnya tergantung system mobil tersebut.. Injeksinya gmana sama cc.y

    BalasHapus
  11. Palalu peyang, pake plat 0,2 mm aje bilang 0,6 mm.
    Tepu kau ..

    BalasHapus
  12. kalau masalah irit itu berdasar dari teori Newton.
    F= m.a

    jadi bodi makin tipis akan mengurangi massa (berat) mobil, sehingga dengan percepatan yang sama, gaya (F) yang dibutuhkan akan lebih kecil, jadi lebih irit bbm.



    kalau masalah peredaman saya kurang setuju, menurut saya peredaman dilakukan oleh struktur rangka mobil, ibarat tubuh kita, plat body itu kulitnya, dan yang melakukan peredaman adalah otot dan rangka.

    plat bisa dijadikan peredam awal dengan tingkat kelenturannya sebelum menyentuh rangka, namun semakin tipis plat akan semakin mudah robek atau terkoyak. sebagaimana beberapa hewan memiliki kulit yang tebal untuk perlindungan pertama agar tidak mudah terkoyak atau robek. sehingga plat body memang harus tebal. FYI standart eropa tebal plat body 1,1 s/d 2 mm.

    CMIIW

    BalasHapus
  13. pakai mobil kan tujuan nya bukan untuk di tabrakin, kecelakaan sudah jadi takdir apa lagi klo sampe meninggal. menurut saya plat yg agak tebal yg relatif lebih aman jika memang terjadi tabrakan. klo mmg tujuan naik mobil untuk tabrakan beli aja mobil tank, plat nya tebal banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agk bodoh juga comment lu, Dr jaman apa orng beli mobil buat di tabrakin ?? Tujuan utama plat mobil lebih tebal pasti Dr safetynya lah..blo'on

      Hapus
  14. kan kita juga tidak tahu kapan kita tabrakan, so, mending cari aman dengan membeli mobil dengan safety yang baik,
    walaupun kita sudah berhati' juga, ( jalan kurang dari 60 kpj ) bisa saja orang yg menabrak kita, http://www.kaskus.co.id/thread/5165121e8227cfce64000002/penjelasan-logis-mengenai-kecelakaan-nissan-juke-vs-daihatsu-xenia-di-purbaleunyi seperti contoh kasus itu,

    BalasHapus
  15. Ternyata Orang indo di bodohin dengan monopolinya Astra terhadap merk daihatsu/toyota.. agya/ayla.. terios/rush.. avansa / xenia.. bukankah itu monopoli perdagangan...? kenapa ga ganti merk aja ASTRA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gituh, kenapa bukan loh aja yang ganti merknya

      Hapus
  16. whahaha ane stuju gan, konsumen mesti lebih awas sebelum memilih mobil,penyesalan kan slalu dibelakang.ksian mreka yg trlanjur beli.

    BalasHapus
  17. Orang Indonesia kebanyakan suka sepele masalah keselamatan. Termasuk pemerintahnya tidak peduli keselamatan warganya dalam memakai kendaraan. Sebaiknya pemerintah menetapkan standar minimal ketebalan body mobil demi keselamatan. Jangan izinkan pabrik mobil membuat body mobil yang asal-asalan begitu, apa salahnya ketebalan body mobil ini dievaluasi pemerintah RI !

    BalasHapus
  18. Jangan mengejek produk orang lain, memangnya loh bisa menghasilkan barang kaya gitu ? kalau enggak yah tidak usah di ejekin karya orang lain, nanti juga kalau ada yang berikan mobil AVANZA pada loh semua, pasti loh terimakan tidak mungkin enggak loh terima! Makanya enggak usah ngejekin hasil orang lain kalau diri sendiri juga mau ........

    BalasHapus
  19. pemerintah kok disalahi haha goblok tu orang, ASTRA juga di salahin, kayak tu orang bisa buat mobil aja
    kalo gag suka AVANZA yaudah beli aja yang lain, kalo Avanza platnya tipis, ngapain di jalanan banyak Avanza, nah lho
    berarti kan nih mobil murah tapi berkualitas, buktinya kagak ada tuh yang bisa nyaingin penjualan Avanza, meskipun MPV baru berdatangan

    BalasHapus
  20. Semua produk sudah ada perhitungannya..

    BalasHapus
  21. Semakin tebal semakin kuat dan pasti semakin berat.. Tapi semua produk sudah di perhitungkan, pasti sudah ada alasan kenapa harus pakai plat yg lebih tipis.. Apakah dari segi Ekonomi, Efisiensi, atau kebutuh yg di sesuaikan di lapangan..

    BalasHapus
  22. Pada sok pinter......... elo pade... Astra udah bisa buat mobil murah mustinya elo pada seneng ga usah banyak alasan..............kalo mau pada aman pake mercedes aje..........................tp tuch si paul walker pake porsche nambrak pohon lewat juga................gimana tch ??????? yang penting sebelum jalan berdoa dan nyetir hati2..... gito aja koq repot...................

    BalasHapus
  23. mobil gw tuh tahun 1997..body nya sama plat nya tebel..mau coba lo aduin ma mobil gw???
    TUA tapi Tangguh..
    Muda tapi Letoy..

    BalasHapus
  24. Bapak bisa lihat di artikel berikutnya

    BalasHapus
  25. Saya sbenerY heran artikel gini kok bisa rame, gini ya bos, yg bikin mobil toyota itu mreka tuh udah insinyur, S1, D3, knapa harus A knapa harus B, udah dpertimbangkan dengan seksama. Mereka udah ahlinya bos, ngg kayak elo.. iya elo.. elo yg byak bacot

    BalasHapus
  26. karena terpaksa aja maka nya pilih avanza...sebab harga paling terjangkau... untuk kenyamanan dan keamanan gak dech... trauma... sebab di tabrak sama becak saja uda ringsek ke dalam... malah becak nya masih utuh... bukti nya gan uda terjadi pada diri saya...

    BalasHapus
  27. Kalau mau aman naik tank aj om hahaha

    BalasHapus
  28. kan becak'a pk plat baja om mk'a kuat heheee

    BalasHapus
  29. meski tipis tetep aja banyak yg beli,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Avanza xenia jelekk bangett .. Kaleng kerupuk dibuat mobil

      Hapus
  30. Gue mo beli becak ajah...
    Wkwkkkkk....

    BalasHapus
  31. Ya namanya mobil murah renyah, serenyah gembreng krupuk

    BalasHapus
  32. GOBLOK DIPELIHARA, BAHKAN DISEBARKAN... DASAR MENTAL SESAT.

    Jelas2 mobil gak lolos standar kselamatan, dibilang crumple zone, penyerap benturan, dll.
    Itu alibi para OKB dan kaum ndeso pemakai mobil murah yang bikin penuh jalan dan gak pake aturan, ugal-ugalan, dan tidak berkelas.

    Pemerintah juga bobrok mobil begituan diijinkan beredar, yang beli juga cuma masyarakat yang ngejar harga murah. Jadi, Regulasi bobrok + Pengguna kelas bawah = MOBIL RONGSOK.

    MOBIL RONGSOK di pegang kaum bermental sesat, maka keluarlah ALIBI GOBLOK macam tulisan kamu itu.

    GOBLOK DIPELIHARA, SESAT DI MANA-MANA.

    BalasHapus
  33. Hai jika tidak suka dengan mobil toyota jangan di ejek, lho mampu beli gak, biasanya yg banyak bacot dan jelek2'in itu biasanya orang iri hati yg gak mampu beli mobil. Kalau emang avanza dan xenia body tipis, tapi kenapa warga indonesia banyak yg beli tuch mobil, berarti mobil toyota meskipun body tipis banyak peminatnya, coba mobil lain ada gak yg bisa saing'i di jalanan???

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Kalau memang tipis ya terima aja, nggak perlu alasan buat keselematan segalalah.

    BalasHapus