Kaizen

 

Kaizen adalah suatu proses perbaikan terus menerus. Toyota paling getol dalam urusan kaizen dan setiap saat melakukan kaizen. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ketika kita tidak bergerak, atau statis maka sebenarnya kita berada dalam kemunduran. Kaizen adalah salah satu pokok penting dalam Toyota Way.

 Orang Jepang memiliki filosofi yang didasarkan pada pemikiran bahwa perbaikan terus-menerus meningkatkan produktivitas pekerja. Sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam proses Kaizen, dengan keyakinan bahwa sangat penting untuk mendorong dan mendukung pekerja dengan memuji partisipasi mereka dalam Kaizen. Jika diterapkan diperusahaan seharusnya Kaizen dilakukan baik oleh karyawan terendah sampai kepada Top Manajemen perusahaan tersebut.

 Manfaat dari sistem Kaizen adalah sebagai berikut:

 1. Perbaikan kualitas Produk
 Sumber Daya disatukan bersama dan tim kerja yang dibuat lebih kuat, didirikan atau dibangun kembali untuk menyelesaikan masalah. Hasilnya terlihat ketika kualitas produksi membaik. Prosedur baru yang diterapkan dan tugas pekerjaan yang efisien sehingga membuat manajemen waktu lebih ramping. Mendengarkan semua ide karyawan merupakan hal yang sangat penting.

 2. Kerjasama tim akan meningkat
Semangat dan kepercayaan dari tim untuk memperbaiki masalah-masalah yang harus diselesaikan. Karyawan mulai melihat pekerjaan mereka dalam cahaya yang baru dan melanjutkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan perspektif baru. Karyawan tidak akan lagi berpikir buruk tentang satu sama lain atau memegang prasangka. Ketika tim work solid, produktifitas kerja meningkat.

 3. Pemanfaatan sumber daya secara maksimal

 4. Dapat Memecahkan masalah dengan lebih cepat
Pemecahan masalah cepat dilakukan ketika masalah langsung dihadapi bersama. Sistem Kaizen memegang keyakinan bahwa pemecahan masalah setelah menemukan akar masalah akan lebih cepat daripada cara-cara tradisional pertemuan yang panjang dalam rapat. Contoh Pemecahan masalah produksi dengan mengurangi lead time. Kadang-kadang, ada solusi sementara yang mungkin improvisasi mengakibatkan perubahan permanen pada proses. Pada dasarnya membantu Anda memecahkan masalah dengan cepat, kuncinya adalah dengan ide-ide inovatif.

 Hal yang penting dari Kaizen adalah komunikasi, kerjasama tim, membuang prasangka buruk untuk ide perbaikan

1 komentar:
Write comments
  1. terima kasih sharingnya Pak ....
    ada pertanyaan saya : saya masih sulit menerapkan perbaikan di area kerja saya karena team merasa bahwa ini kerja tambah. ii karena pengetahuan saya ttg Kaizen yang masih sangat terbatas. mohon advisnya Pak .... terima kasih

    BalasHapus